Wednesday 9 October 2019

Pelaku Industri Ungkap Peran Influencer Untuk Gaet Pengguna

Pelaku Industri Ungkap Peran Influencer Untuk Gaet Pengguna

Pelaku Industri Ungkap Peran Influencer Untuk Gaet Pengguna



Cerdaspoker Dominobet - Pada era digital ini, influencer dijadikan ujung tombak startup guna merebut hati konsumen. Startup di bidang point of sales (POS) Moka membeberkan peran urgen influencer guna mendapatkan pemakai.

Head of Content Marketing Moka Hilman Desfakhrian menyatakan influencer lokal dapat dimanfaatkan untuk unik perhatian pemakai di tiap-tiap distrik influencer itu berdomisili.

Bagi Hilman, masing-masing wilayah di Indonesia memiliki keanehan masing-masing. Oleh sebab itu, Moka menyentuh (tap in) pasar dengan memakai mikro dan nano influencer setiap wilayah. Tentunya masing-masing influencer memiliki konsentrasi konten yang berbeda-beda menyesuaikan wilayah.

"Kami Business to Business (B2B) jadi anda berurusan dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) , dan setiap wilayah punya keanehan sendiri. Misalnya di Yogyakarta ada tidak sedikit makanan tradisional, di Bandung tidak sedikit modern kafe, dan kopi," kata Hilman ketika perhelatan Tech In Asia Conference 2019 di Jakarta, Selasa (8/10).

Nano influencer ialah influencer yang mempunyai yang follower di bawah 20 ribu. Kemudian terdapat yang dinamakan micro influencer guna influencer dengan follower 20 ribu hingga 100 ribu.

Hilman pun mengungkapkan Moka memanfaatkan merchant rekanan dengan nama besar laksana Eatlah sampai Kopi Kulo sebagai influencer.

Hilman menuliskan Moka mempunyai strategi yang bertolak belakang dibandingkan dengan startup dengan model bisnis Business to Consumer (B2C). Untuk Hilman, B2C perlu untuk unik jumlah konsumen sejumlah banyaknya.

Di sisi lain, Moka menganut model bisnis B2B sampai-sampai Moka tak perlu terlampau jorjoran menerbitkan uang untuk mencarter influencer ruang belajar premium atau makro.

Jika telah mempunyai di atas 100 ribu follower, maka influencer masuk kelompok macro influencer. Kalau telah di atas satu atau dua juta follower, influencer dinamakan premium influencer.

"Karena anda B2B anda tidak incar reach sebanyak-banyak, namun lebih ke arah engagement. Kita hendak menjalin semacam hubungan emosional antara anda sebagai brand dan user," katanya.

Moka adalahstartup berbasis teknologi yang bergerak di bidang point of sales. Aplikasi Moka Pos melewati iOS dan Android dipakai untuk kasir, baik merchant online maupun offline. Oleh sebab itu, software bisa menolong pemilik bisnis dalam mengakses data, laksana laporan penjualan, persediaan, dan komplain dari customer secara langsung.

Saat ini Hilman menuliskan Moka sudah mempunyai 25 ribu merchant rekanan di semua wilayah Indonesia.

"Sekarang kami terdapat 25 ribu merchant. Seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Tapi kami tentu target besar guna tingkatkan jumlah merchant terus terusan," ujarnya.